Membuat Aplikasi Crud Java Sederhana Menggunakan Mysql

Dalam postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi crud sederhana java . dalam tutorial ini saya menggunakan database mysql XAMPP . bila belum memilikinya silahkan download di link ini. oke... mari kita mulai tutorialnya.

Membuat Database di XAMPP
bila sudah di instal XAMPPnya kemudian jalankan dan start pada bagian Apache dan MySQLnya saja . setelah itu buka web browser yang kalian miliki (contoh : Chrome, Mozila ,dll) > kemudian ketik url localhost/phpmyadmin > klik New di pokok kiri atas > dan masukan nama databasenya "db_biodata" > kemudian buat table dengan nama table "tb_biodata" > samakan type data dan valuenya dengan gambar di bawah ini


Membuat Project baru
Buka aplikasi Netbeans IDE pada bagian kiri pojok atas ada tulisan File . lalu klik File > New Project > pilih java Application > kemudian klik Next > dan buat project "biodata" > Finish.

Membuat Form Baru
Cara membuat form baru yaitu buka project yang sudah kita buat sebelumnya > Source Packages > kemudian klik kanan pada folder biodata > New JFrame > dan masukan nama formnya "form_crud.java" > Finish .


kemudian desainlah tampilan form_crud.java dengan menambahkan 5 buah Label , 4 buah Text Field, 3 buah Button dan 1 buah Table hingga desainnya seperti gambar di bawah ini.
setelah itu ubah nama variable TextFieldnya dengan nama tkode, tnama, talamat, tnotel.

Menambahkan Library Mysql

fungsi library ini yaitu menyambungkan database dengan User Interface yang akan kita buat . klik kanan folder Libraries yang ada di dalam project > add library > pilih MySQL JDBC Driver .





Membuat Source Code nya
tambahkan source code yang diperlukan saja . sudah saya tandakan mana saja yang perlu ditambahkan


atau download source codenya di Link Ini. Selamat Mencoba ^_^

Komentar

Popular Posts

Tugas Statistika 1

Organisasi File

Komunikasi Data 4