Tugas 3

TIPE KEGIATAN MANAJEMEN


Ricky W. Griffin : manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Informasi sangat diperlukan manajemen dalam pengambilan keputusan. Tiap kegiatan dan keputusan manajemen memerlukan informasi yang berbeda. Untuk dapat menyediakan informasi yang relevan, pengembang sistem informasi perlu mengetahui tipe kegiatan manajemen.
1. Perencanaan Strategis:  merupakan kegiatan manajemen tingkat atas  yang meliputi :
  a. proses evaluasi lingkungan luar organisasi :  dapat bereaksi pada perubahan lingkungan luar sehingga   sedapat mungkin mengubah tekanan menjadi kesempatan.
    b. penetapan tujuan orgnsasi :  hal yg akan dicapai sesuai visi/misi.
    c. penentuan strategi  : tindakan yg dilakukan utk mencapai tujuan.

2. Perencanaan Taktis/Pengendalian Manajemen : merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah (tactical level) untuk menjalankan strategi yg sudah ditetapkan secara efektif dan efisien.

3. Pengendalian Operasional : merupakan penerapan program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen yang difokuskan pada tugas-tugas tingkat bawah.

TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN

Selain mengetahui tipe kegiatan manajemen, pengembang sistem informasi perlu mengetahui tipe keputusan manajemen. Pengambilan keputusan merupakan tindakan manajemen dlm pemilihan alternatif utk mencapai sasaran. Tipe Keputusan meliputi :

1. Keputusan terprogram/keputusan terstruktur : keputusan yg (terutama) diambil manajemen tingkat bawah dimana keputusan tersebut  berulang & rutin, shg dpt diprogram.

2.  Keputusan setengah terprogram/setengah terstruktur : keputus an yg sebagian dpt diprogram, sebagian berulang, rutin & sebagian tdk terstruktur. Keputusan ini sering bersifat rumit dan membutuhkan perhitungan serta analisis yg terperinci.

3.  Keputusan tidak terprogram/tidak terstruktur : keputusan yang  (terutama) dilakukan manajemen tingkat atas (biasanya didasarkan pada pengalaman) dimana keputusan tsb tidak terjadi berulang-ulang & tidak selalu terjadi. Informasi yg dibutuhkan tidak mudah untuk didapatkan, tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar.

TIPE INFORMASI BAGI MANAJEMEN

Sistem informasi menyediakan 3 macam tipe informasi :
-   Informasi Pengumpulan Data (scorekeeping information); Informasi berupa pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan. Berguna bagi manajer bawah untuk mengevaluasi kinerja personil.
-   Informasi Pengarahan Perhatian (attention directing information) ; Informasi yg membantu manajemen menengah untuk memusatkan perhatian/melihat penyimpangan yg terjadi.
-   Informasi Pemecahan Masalah (problem solving information); Informasi yg membantu para manajer atas utk mengambil keputusan memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Biasanya dihubungkan dgn keputusan yg tidak berulang-ulang serta situasi yg membutuhkan analisis.

Komentar

Popular Posts

Tugas Statistika 1

Organisasi File

Komunikasi Data 4